4 Cara Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Berkebun

Cara Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Berkebun – Bercocok tanam di lahan yang sempit menjadi salah satu tren kekinian masyarakat modern. Anda pasti pernah melihat postingan mengenai kebun di lahan sempit, yang terlihat sangat subur dan indah dengan semua sayuran yang ditanam. Karena banyak peminat, Anda bisa dengan mudah menemukan bibit sayuran siap tanam, lengkap juga dengan media tanamnya.

Hal yang membuat masyarakat makin menggandrungi berkebun di lahan sempit adalah kemudahannya. Anda bisa dapatkan sayuran segar setiap hari, hanya dengan memanfaatkan sedikit lahan sempit di depan rumah, belakang rumah, atau bahkan di lahan yang nyaris tanpa tanah sekalipun. Bagaimana caranya?

Cara Memanfatkan Lahan Sempit

bagaimana cara memanfaatkan lahan kosong yang tidak terawat, bagaimana cara memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam, bagaimana cara memanfaatkan lahan yang kosong untuk melestarikan alam, bagaimana cara pemanfaatan lahan, bagaimana cara pemanfaatan lahan kosong di pekarangan rumah, bagaimana cara pemanfaatan lahan yang dilakukan, bagaimanakah cara pemanfaatan lahan, bagaimanakah cara pemanfaatan lahan yang dilakukan, cara memanfaatkan lahan bekas penambangan, cara memanfaatkan lahan di daerah pantai, cara memanfaatkan lahan di pantai, cara memanfaatkan lahan gambut, cara memanfaatkan lahan kosong agar menghasilkan uang, cara memanfaatkan lahan kosong belakang rumah, cara memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah, cara memanfaatkan lahan kosong dibelakang rumah, cara memanfaatkan lahan kosong secara produktif, cara memanfaatkan lahan kosong untuk usaha, cara memanfaatkan lahan miring, cara memanfaatkan lahan pekarangan rumah, cara memanfaatkan lahan secara arif bagi kepentingan pembangunan, cara memanfaatkan lahan sekolah menjadi lahan produktif, cara memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam, cara memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun, cara memanfaatkan lahan sempit untuk taman, cara pemanfaatan lahan kosong, cara pemanfaatan lahan kosong di pekarangan rumah, cara pemanfaatan lahan kosong sebagai upaya pelestarian lingkungan adalah dengan, cara pemanfaatan lahan kritis, cara pemanfaatan lahan pekarangan, cara pemanfaatan lahan pertanian, cara pemanfaatan lahan pertanian agar, cara pemanfaatan pertanian lahan basah, cara pemanfaatan tanah di lingkungan sekitar, cara pemanfaatan tanah liat untuk produksi kerajinan, jelaskan cara pemanfaatan tanah liat, pemanfaatan lahan dengan cara, pemanfaatan lahan sempit dengan cara vertikultur adalah, sebutkan cara pemanfaatan lahan kosong,

Bagaimana caranya untuk memanfaatkan lahan sempit di rumah untuk membuat kebun mini? Di bawah ini adalah beberapa saran pemanfaatan lahan sempit Anda:

1. Hidroponik

Jika Anda tidak suka dengan tanah yang kotor di teras, atau pot, maka baiknya gunakan cara yang satu ini. Anda hanya menggunakan air sebagai media tanah, dan jadi solusi untuk petani yang tanah di lingkungannya tidak subur.

Keuntungan yang akan didapatkan dengan melakukan metode ini adalah bebas dari hama yang berasal dari tanah, tidak akan ada residu dari pestisida, bisa mengontrol nutrisi dan oksigen yang lebih bagus, mengontrol penggunaan air, dan memberikan hasil panen yang lebih bersih dan berkualitas.

2. Aquaponik

Metode yang satu ini adalah gabungan dari akuakultur atau budidaya perikanan dengan hidroponik. 3 komponen biologis diterapkan dalam penerapannya yaitu tanaman, ikan dan juga bakteri. Ketiganya membentuk simbiosis mutualisme, yang mana air sebagai tempat budidaya ikan berguna juga sebagai pupuk. Tanaman itu sendiri membersihkan air, sehingga ikan bisa tumbuh dengan baik.

Keuntungan yang akan didapatkan ketika Anda menggunakan sistem Aquaponik adalah lebih efisien menggunakan air, bisa memanen ikan dan sayuran dalam satu waktu yang sama, tak memerlukan tanah, bisa dilakukan di tanah rusak, gurun atau pulau dengan pasir asin, tanpa memerlukan pupuk dan pestisida sama sekali.

3. Vertikultur

Metode yang satu ini bisa dilakukan dengan menanam bibit sayuran secara vertikal, jadi lahan yang ada bisa lebih maksimal. Anda bisa menggunakan media tanam seperti pipa paralon, botol bekas, bahkan ban bekas yang dikreasikan sedemikian rupa. Selain menjadi kebun kecil, metode vertikultur ini bisa menjadi hiasan rumah juga. Cocok sekali untuk Anda yang kurang telaten merawat bunga atau tanaman hias.

4. Wall gardening

Metode pemanfaatan lahan sempit lainnya adalah wall gardening, yang mana memanfaatkan lahan kosong pada dinding rumah untuk menanam sayuran. Tetapi biasanya di perkotaan, tanamanyang digunakan adalah macam-macam tanaman hias dan biasanya diaplikasikan di pusat perbelanjaan, kantor dan tempat umum lainnya.

Rekomendasi Supplier Bibit Tanaman untuk Lahan Sempit

Apabila Anda tertarik untuk mencoba salah satu metode berkebun di lahan sempit yang disebutkan di atas, ketahui terlebih dahulu mengenai Pohaci. Bergerak di bidang pertanian, mendedikasikan diri untuk pertanian Indonesia yang lebih maju dan berkembang. Sebagai konsultan pertanian, Pohaci akan memberikan saran tanaman apa yang cocok dengan daerah Anda, menyediakan bibit tanaman berkualitas, dan bahkan memberikan berbagai tips trik terbaik untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Tiga layanan utama Pohaci adalah :

Smart Crop Adviser

Memberikan Anda tanaman dan teknik pertanian yang cocok, sehingga minim gagal panen dan pasti sukses berkebun.

Farming Rating

Anda dibimbing untuk mengukur kesuksesan kebun Anda, dan membuat panen lebih sukses. Jika panennya sukses, maka lembaga pembiayaan bisa  memberikan kepercayaannya. Anda pun bisa mengembangkan perkebunan lebih luas lagi.

Farming Supply

Jika Anda mencari bibit tanaman terbaik yang mudah untuk ditanam, cocok di lahan Anda dan sesuai dengan kepribadian Anda, Pohaci tempatnya. Selain bibit, juga menyediakan berbagai alat untuk berkebun, benih sayuran, bibit dan bahkan pupuk yang berkualitas.

Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk menunda pemanfaatan lahan sempit di sekitar Anda. Mulai dari sekarang dan Anda bisa memaksimalkan lahan sempit menjad lebih produktif. Berkebun tidak lagi sulit, selama Anda memilih metode berkebun yang tepat bersama Pohaci.

Tinggalkan komentar