5 Paylater Terbaik untuk Pemula: Proses Mudah & Multiguna

Riset dari KIC (Katadata Insight Center) menyebutkan bahwa pengguna paylater setahun terakhir ini khususnya saat pandemi corona mengalami peningkatan. Ada lebih dari 50% persen pengguna baru dalam satu tahun terakhir.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna baru dan bingung hendak memilih produk paylater apa, Anda berada di tempat yang tepat.

Artikel ini akan memberikan rekomendasi beberapa produk paylater terbaik dengan sudut pandang: proses pendaftaran akun, efektivitas transaksi, dan beberapa benefit lain yang akan Anda dapatkan.

1. Traveloka PayLater

Bisa dibilang, dari ketiga paylater lain Traveloka menjadi pilihan terbaik. Prosesnya cepat, hanya membutuhkan waktu verifikasi maksimal 60 menit. Syarat yang dibutuhkan, yaitu:

  • Data pribadi
  • Data keluarga
  • Informasi pekerjaan
  • Foto KTP

Dengan Traveloka PayLater, proses pembayaran: tiket pesawat, transportasi, reservasi hotel, sampai pembayaran tagihan (BPJS, listrik, Telkom) dapat Anda lakukan tanpa perlu berpindah-pindah. Semua dapat Anda lakukan hanya dengan satu layanan. Nggak perlu repot dan sudah pasti cepat beres.

Menariknya, Anda juga dapat menggunakan paylater Traveloka untuk belanja di merchant berlogo Visa di seluruh dunia, lho. Limitnya bahkan mencapai Rp 50 juta dengan bunga 2,95%.

Traveloka PayLater juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit dengan limit puluhan juta, tetapi dengan proses pengajuan yang cepat dan mudah.

2. Shopee PayLater

Di awal tahun 2019, Shopee PayLater sempat viral dan banyak yang mengelukan karena berbagai fiturnya yang menarik. Ini juga menjadi angin yang segar bagi para pengguna Shopee karena Anda dapat belanja apa pun saat itu juga tanpa harus membayar langsung.

Sayangnya, Shopee PayLater tidak dapat digunakan oleh sembarang pengguna, hanya pengguna yang terpilih saja. Jika Anda menerima notifikasi, Anda baru dapat mengaktifkan Shopee PayLater dengan waktu periksa selama 2×24 jam. Syaratnya hanya membutuhkan foto KTP dan foto diri dengan KTP.

Untuk pemakaian Shopee Paylater, mula-mula Anda akan memperoleh limit Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Limit akan terus bertambah sesuai dengan perilaku belanja dan kemampuan Anda dalam membayar cicilan.

3. Kredivo

Proses pendaftaran Kredivo hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk pendaftaran dan maksimal 2×24 jam untuk proses aktivasi.

Syaratnya tidak sulit, hanya membutuhkan swafoto (selfie) dengan menyiapkan: KTP, foto NPWP, dan bukti tempat tinggal dengan cara menghubungkan akun e-commerce yang pernah digunakan untuk transaksi.

Namun, pengguna Kredivo disarankan memiliki pendapatan bulanan minimal Rp 3 juta agar dapat sukses dalam mendaftar akun.

Kredivo dapat Anda gunakan untuk transaksi di berbagai merchant mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan 999+ merchant lain. Anda juga bisa menggunakan untuk belanja langsung di toko offline yang bekerja sama dengan Kredivo.

Pengguna Kredivo tidak membutuhkan DP saat membeli barang di Marketplace. Kredivo juga menyediakan fitur pinjaman dengan tenor cukup rasional, yaitu 3, 6, 12 bulan dan limit tertinggi Rp 30 juta.

4. Akulaku

Akulaku bekerja sama dengan 1000+ mitra merchant dan bisa Anda gunakan untuk berbelanja di banyak marketplace. Jika tidak ingin repot, Anda dapat menggunakannya langsung untuk belanja di aplikasi Akulaku.

Syarat untuk mendaftar Akulaku menggunakan nomor handphone aktif dan menyertakan data pribadi berupa: pekerjaan, kontak darurat, dan informasi tempat tinggal. Prosesnya membutuhkan waktu 1×24 jam sampai akun berhasil diaktivasi.

Melalui aplikasi Akulaku, Anda juga dapat melakukan pengajuan KTA kilat hingga Rp 500.000, dana cicilan Rp12.000.000, dan belanja dengan cara kredit.

Tinggalkan komentar